12 Kesyirikan yang Dianggap Tradisi Oleh Masyarakat Indonesia
Ketahuilah, mudah - mudahan allah subhanahu wa ta’ala merahmati kamu, di tengah - tengah warga kita masih banyak sekali praktek kesyirikan yang mengganggu terlebih lagi membatalkan tauhid. perbuatan - perbuatan tersebut dicoba oleh sebagian orang dengan dalih kalau amalan tersebut merupakan tradisi dan juga adat - istiadat aset leluhur.
sementara itu perbuatan tersebut merupakan wujud kesyirikan yang membahayakan agama mereka. di antara perbuatan - perbuatan tersebut merupakan:
1. tathayyur
tathayyur merupakan berpikiran sial dengan waktu tertentu, tempat tertentu, ataupun suatu yang dilihat, didengar, ataupun dikenal. (al - qaulul mufid)
di sebagian wilayah, penduduk membangun rumah menghadap arah tertentu. mereka pula mengawali membangun dan juga menempatinya di hari tertentu, dengan kepercayaan hendak mendatangkan keberuntungan dan juga menjauhkan kesialan. terdapat pula yang tidak ingin berdagang di hari tertentu dan juga melarang perkawinan di bulan tertentu. seluruh ini merupakan wujud tathayyur syirik, wajib dijauhi oleh seseorang muslim. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:
“thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik. ” (hr. abu dawud nomor. 3910, amati al - qaulul mufid)
2. tamimah
tamimah merupakan suatu yang digantungkan pada seseorang anak buat menolak ‘ain ataupun bencana.
kerap kita memandang benda - benda yang digantungkan di rumah, mobil, toko, ataupun dipakaikan pada anak dengan hasrat menolak bala. seluruh ini tercantum tipe tamimah yang syirik. orang yang melaksanakannya terjatuh dalam kesyirikan. (amati al - qaulul mufid)
3. tiwalah
dia merupakan suatu yang terbuat buat membikin suami/seseorang lelaki menyayangi istrinya/seseorang perempuan ataupun kebalikannya.
ada juga dublah (cincin yang digunakan oleh seorang sehabis menikah) dengan kepercayaan kalau sepanjang cincin emas tersebut digunakan hingga pernikahannya hendak senantiasa langgeng, ini merupakan kepercayaan yang syirik, karna tidak terdapat yang dapat membolak - balikkan hati manusia tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala.
mengenakan cincin serupa ini minimun tasyabbuh (menyamai) orang kafir, haram hukumnya. dapat pula terjatuh dalam kesyirikan, bila ia berkeyakinan kalau cincin itu dapat jadi karena langgengnya perkawinan. (amati al - qaulul mufid syarah kitabut tauhid)
4. jampi - jampi/mantra
yang diartikan merupakan ruqyah (bacaan - bacaan) yang syirik, yang memiliki permintaan dorongan kepada jin.
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang 3 perihal di atas dalam hadits dia:
“sesungguhnya jampi - jampi, tamimah, dan juga tiwalah merupakan syirik. ” (hr. ahmad dan juga abu dawud, dishahihkan oleh asy - syaikh al - albani)
ada juga ruqyah yang dibenarkan oleh syariat merupakan yang penuhi 3 ketentuan berikut:
– teks dari al - qur’an, as - sunnah, dan juga doa - doa yang baik.
– memakai bahasa arab dan juga dipahami maknanya.
– diyakini cuma sekedar bagaikan karena, tidak dapat mempengaruhi tidak hanya dengan kehendak allah subhanahu wa ta’ala. (amati fathul majid)
5. perdukunan
ini merupakan bencana yang menyerang banyak kalangan muslimin. banyak orang jadi pelanggan dukun dalam kondisi bahagia maupun sulit, sementara itu ancaman untuk dukun dan juga yang mendatanginya amat besar. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: “barangsiapa menghadiri dukun dan juga bertanya suatu, tidak hendak diterima shalatnya sepanjang 4 puluh malam. ” (hr. muslim)
dalam hadits lain, dia shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: “barangsiapa menghadiri dukun dan juga bertanya suatu setelah itu membenarkannya, ia telah mengkufuri apa yang diturunkan kepada muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. ”
asy - syaikh muhammad bin shalih al - utsaimin rahimahullah menegaskan kalau menghadiri dukun terdapat sebagian rincian hukum,
tiba dan juga bertanya kepadanya, hingga tidak diterima shalatnya 4 puluh hari.
tiba, bertanya kepadanya, dan juga membetulkan perkataannya, hingga dia telah ingkar kepada apa yang diturunkan kepada rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
tiba buat memecahkan kesesatannya, diperbolehkan. (amati al - qaulul mufid)
ada juga tentang kafirnya dukun, asy - syaikh hafizh bin ahmad al - hakami mengatakan 9 sebab kafirnya dukun. di antara yang dia sebutkan merupakan kalau seseorang dukun telah jadi wali setan. allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“sesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawan - kawannya…. ” (al - an’am: 121)
sementara itu setan tidak hendak menjadikam seseorang jadi wali tidak hanya seseorang yang kafir. (amati ma’arijul qabul hlm. 423 - 424)
6. sembelihan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberitakan kalau tercantum orang yang dilaknat merupakan seseorang yang melaksanakan sembelihan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala.
dari ali bin abi thalib radhiyallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:
“allah melaknat orang yang menyembelih buat tidak hanya allah. allah melaknat orang yang melaknat (mencerca) 2 orang tuanya. allah melaknat orang yang melindungi pelakon pelanggaran syar’i. dan juga allah melaknat orang yang mengubah - ubah batasan tanah. ” (hr. muslim)
di antara sembelihan yang dipersembahkan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala merupakan bermacam wujud sembelihan buat jin.
a. larung (sedekah laut)
di antara sembelihan syirik merupakan sembelihan tahunan yang dipersembahkan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala, baik buat laut (sedekah laut) , sungai, gunung, ataupun yang yang lain.
b. sembelihan buat pengantin
di sebagian tempat terdapat suatu tradisi penyembelihan kala terdapat perkawinan. kedua mempelai diperintahkan buat menginjakkan kedua kaki mereka di darah sembelihan tersebut saat sebelum merambah rumahnya.
c. sembelihan buat rumah baru
di sebagian wilayah, kala telah tuntas membangun rumah, mereka menyembelih seekor hewan. sebagian mereka terlebih lagi menanam kepala hewan tersebut di rumah barunya. ini pula tercantum sembelihan yang syirik.
d. penuhi kemauan jin yang masuk pada badan seseorang
kala terdapat orang kerasukan jin setelah itu diruqyah, jin sering - kali memohon disembelihkan hewan buat pribadinya. bila terjalin perihal demikian, permintaan jin itu tidak boleh ditunaikan, karna perihal tersebut merupakan sembelihan buat jin. (amati al - qaulul mufid, asy - syaikh muhammad al - wushabi)
7. kesyirikan di kuburan
di antara perbuatan syirik yang dikira biasa merupakan perbuatan - perbuatan di pekuburan bagaikan berikut:
berdoa kepada penunggu kubur
nadzar buat penunggu kubur
isti’anah, memohon tolong kepada penunggu kubur
isti’adzah, memohon proteksi kepada penunggu kubur
istighatsah, memohon dihilangkan musibah kepada penunggu kubur
ketahuilah, seluruh perihal di atas merupakan kemungkaran yang wajib diingkari. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:
“barangsiapa memandang kemungkaran sebaiknya ia ganti dengan tangannya. bila tidak sanggup, dengan lisannya. bila tidak sanggup pula hingga dengan hatinya, dan juga itu merupakan selemah - lemah iman. ” (hr. muslim) (amati ma’ariful qabul, ighatsatul lahafan, tahdzirul muslimin)
8. mencari berkah dari benda - benda tertentu
sebagian orang mencari berkah kepada tumbuhan, kuburan, ataupun benda - benda yang mereka miliki, serupa keris dan juga cincin.
faedah
tidak boleh bertabarruk (mencari berkah) dari diri sereorang, dengan badan ataupun penggalan badan seorang tertentu, tidak hanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
seseorang muslim tidak boleh mencari berkah dengan diri seorang yang dikira shalih, baik ludah, rambut ataupun penggalan badan yang lain. perihal ini bersumber pada sebagian sebab.
perihal tersebut kekhususan untuk rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
tidak terdapat seseorang juga sehabis rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meninggal yang memohon berkah dengan penggalan badan abu bakr, umar, utsman, ali bin abi thalib, dan juga teman yang lain. seandainya perihal tersebut dibolehkan, tentu hendak dicoba oleh orang - orang di era mereka.
hendak menimbulkan fitnah dan juga ujub (bangga diri) dari orang yang dimintai berkah. (amati taisir al - ’azizil hamid, hlm. 144 - 145)
9. sihir
sihir merupakan satu amalan kufur yang wajib dijauhi oleh seseorang muslim. seorang yang belajar dan juga mengarahkan sihir telah terjatuh dalam kekufuran.
allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“dan mereka menjajaki apa yang dibaca oleh setan - setan pada masa kerajaan sulaiman (dan juga mereka berkata kalau sulaiman itu mengerjakan sihir) , sementara itu sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir). cuma setan - setan seperti itu yang kafir (mengerjakan sihir). mereka mengarahkan sihir kepada manuria. ” (al - baqarah: 102) (amati ma’arijul qabul hlm. 407 - 411)
10. sedekah bumi
sedekah bumi ialah membagikan sesuguh/sesaji kala bakal panen padi dan juga yang lain. bagi mereka, sesaji itu dipersembahkan buat dewi sri. ini juga tercantum wujud kesyirikan.
11. sesajen
ialah membagikan sesuguh buat karuhun kala bakal melakukan kegiatan tertentu.
12. membagikan penghormatan dengan membungkuk
ibnu taimiyah rahimahullah mengatakan, “membungkuk kala membagikan penghormatan merupakan perbuatan yang dilarang. perihal ini sebagaimana dalam riwayat at - tirmidzi dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kalau mereka bertanya tentang seorang yang berjumpa dengan temannya kemudian membungkuk kepadanya. dia shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan, “tidak boleh. ”
pula karna ruku dan juga sujud tidak boleh dicoba tidak hanya buat allah subhanahu wa ta’ala, meski perihal ini jadi wujud penghormatan pada syariat saat sebelum kita, sebagaimana dalam cerita yusuf ‘alaihis salam:
“dan dia menaikkan kedua bunda ayahnya ke atas singgasana. mereka (seluruhnya) merebahkan diri seraya sujud kepada yusuf. yusuf juga mengatakan, “wahai ayahku, inilah ta’bir mimpiku yang dulu itu. ” (yusuf: 100)
ada juga dalam syariat kita, bersujud tidak diperbolehkan tidak hanya buat allah subhanahu wa ta’ala. (amati majmu’ al - fatawa, 1/259)
ketahuilah, mudah - mudahan allah subhanahu wa ta’ala merahmati kamu, apa yang kami sampaikan cumalah sebagian amalan syirik yang terdapat di tengah - tengah warga kita. seluruhnya wajib kita hindari. kita pula wajib memperingatkan umat islam buat menghindari amalan - amalan syirik.
ketahuilah, mudah - mudahan allah subhanahu wa ta’ala merahmati kamu, seluruh adat - istiadat dan juga kerutinan warga wajib tunduk kepada syariat allah subhanahu wa ta’ala.
allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“maka demi rabbmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman sampai mereka menjadikan kalian hakim terhadap masalah yang mereka perselisihkan, setelah itu mereka tidak terasa dalam hati mereka suatu keberatan terhadap keputusan yang kalian bagikan, dan juga mereka menerima dengan seluruhnya. ” (an - nisa: 65)
janganlah kita serupa orang - orang jahiliyah yang tidak ingin beriman kepada rasul shallallahu ‘alaihi wasallam dengan sebab menjajaki nenek moyang. allah subhanahu wa ta’ala berfirman tentang kondisi kalangan musyrikin:
apabila dikatakan kepada mereka, “ikutilah apa yang telah diturunkan oleh allah, ” mereka menanggapi, “ (tidak) , kami cuma menjajaki apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami. ” (apakah mereka hendak menjajaki pula) , meski nenek moyang mereka itu tidak mengenali suatu juga dan juga tidak menemukan petunjuk? (al - baqarah: 170)
seseorang muslim wajib mendahulukan syariat allah subhanahu wa ta’ala di atas seluruh perihal. ia wajib mengutamakan syariat daripada hawa nafsu, adat - istiadat, dan juga komentar akalnya. allah subhanahu wa ta’ala telah mencela orang yang lebih mendahulukan hawa nafsunya. allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“maka sempatkah kalian memandang orang yang menjadikan hawa nafsunya bagaikan tuhannya dan juga allah membiarkannya bersumber pada ilmu - nya dan juga allah telah mengunci mati rungu dan juga hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? siapakah yang hendak memberinya petunjuk seusai allah (membiarkannya sesat) ? hingga kenapa kalian tidak mengambil pelajaran? ” (al - jatsiyah: 23)
mudah - mudahan tulisan yang ringkas ini dapat jadi nasihat dan juga jadi salah satu karena musnahnya praktik - praktik kesyirikan yang telah menyebar di negara kita ini.
( sumber: islampos. com | islampos. com )
sementara itu perbuatan tersebut merupakan wujud kesyirikan yang membahayakan agama mereka. di antara perbuatan - perbuatan tersebut merupakan:
1. tathayyur
tathayyur merupakan berpikiran sial dengan waktu tertentu, tempat tertentu, ataupun suatu yang dilihat, didengar, ataupun dikenal. (al - qaulul mufid)
di sebagian wilayah, penduduk membangun rumah menghadap arah tertentu. mereka pula mengawali membangun dan juga menempatinya di hari tertentu, dengan kepercayaan hendak mendatangkan keberuntungan dan juga menjauhkan kesialan. terdapat pula yang tidak ingin berdagang di hari tertentu dan juga melarang perkawinan di bulan tertentu. seluruh ini merupakan wujud tathayyur syirik, wajib dijauhi oleh seseorang muslim. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:
“thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik. ” (hr. abu dawud nomor. 3910, amati al - qaulul mufid)
2. tamimah
tamimah merupakan suatu yang digantungkan pada seseorang anak buat menolak ‘ain ataupun bencana.
kerap kita memandang benda - benda yang digantungkan di rumah, mobil, toko, ataupun dipakaikan pada anak dengan hasrat menolak bala. seluruh ini tercantum tipe tamimah yang syirik. orang yang melaksanakannya terjatuh dalam kesyirikan. (amati al - qaulul mufid)
3. tiwalah
dia merupakan suatu yang terbuat buat membikin suami/seseorang lelaki menyayangi istrinya/seseorang perempuan ataupun kebalikannya.
ada juga dublah (cincin yang digunakan oleh seorang sehabis menikah) dengan kepercayaan kalau sepanjang cincin emas tersebut digunakan hingga pernikahannya hendak senantiasa langgeng, ini merupakan kepercayaan yang syirik, karna tidak terdapat yang dapat membolak - balikkan hati manusia tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala.
mengenakan cincin serupa ini minimun tasyabbuh (menyamai) orang kafir, haram hukumnya. dapat pula terjatuh dalam kesyirikan, bila ia berkeyakinan kalau cincin itu dapat jadi karena langgengnya perkawinan. (amati al - qaulul mufid syarah kitabut tauhid)
4. jampi - jampi/mantra
yang diartikan merupakan ruqyah (bacaan - bacaan) yang syirik, yang memiliki permintaan dorongan kepada jin.
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang 3 perihal di atas dalam hadits dia:
“sesungguhnya jampi - jampi, tamimah, dan juga tiwalah merupakan syirik. ” (hr. ahmad dan juga abu dawud, dishahihkan oleh asy - syaikh al - albani)
ada juga ruqyah yang dibenarkan oleh syariat merupakan yang penuhi 3 ketentuan berikut:
– teks dari al - qur’an, as - sunnah, dan juga doa - doa yang baik.
– memakai bahasa arab dan juga dipahami maknanya.
– diyakini cuma sekedar bagaikan karena, tidak dapat mempengaruhi tidak hanya dengan kehendak allah subhanahu wa ta’ala. (amati fathul majid)
5. perdukunan
ini merupakan bencana yang menyerang banyak kalangan muslimin. banyak orang jadi pelanggan dukun dalam kondisi bahagia maupun sulit, sementara itu ancaman untuk dukun dan juga yang mendatanginya amat besar. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: “barangsiapa menghadiri dukun dan juga bertanya suatu, tidak hendak diterima shalatnya sepanjang 4 puluh malam. ” (hr. muslim)
dalam hadits lain, dia shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan: “barangsiapa menghadiri dukun dan juga bertanya suatu setelah itu membenarkannya, ia telah mengkufuri apa yang diturunkan kepada muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. ”
asy - syaikh muhammad bin shalih al - utsaimin rahimahullah menegaskan kalau menghadiri dukun terdapat sebagian rincian hukum,
tiba dan juga bertanya kepadanya, hingga tidak diterima shalatnya 4 puluh hari.
tiba, bertanya kepadanya, dan juga membetulkan perkataannya, hingga dia telah ingkar kepada apa yang diturunkan kepada rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
tiba buat memecahkan kesesatannya, diperbolehkan. (amati al - qaulul mufid)
ada juga tentang kafirnya dukun, asy - syaikh hafizh bin ahmad al - hakami mengatakan 9 sebab kafirnya dukun. di antara yang dia sebutkan merupakan kalau seseorang dukun telah jadi wali setan. allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“sesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawan - kawannya…. ” (al - an’am: 121)
sementara itu setan tidak hendak menjadikam seseorang jadi wali tidak hanya seseorang yang kafir. (amati ma’arijul qabul hlm. 423 - 424)
6. sembelihan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberitakan kalau tercantum orang yang dilaknat merupakan seseorang yang melaksanakan sembelihan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala.
dari ali bin abi thalib radhiyallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:
“allah melaknat orang yang menyembelih buat tidak hanya allah. allah melaknat orang yang melaknat (mencerca) 2 orang tuanya. allah melaknat orang yang melindungi pelakon pelanggaran syar’i. dan juga allah melaknat orang yang mengubah - ubah batasan tanah. ” (hr. muslim)
di antara sembelihan yang dipersembahkan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala merupakan bermacam wujud sembelihan buat jin.
a. larung (sedekah laut)
di antara sembelihan syirik merupakan sembelihan tahunan yang dipersembahkan buat tidak hanya allah subhanahu wa ta’ala, baik buat laut (sedekah laut) , sungai, gunung, ataupun yang yang lain.
b. sembelihan buat pengantin
di sebagian tempat terdapat suatu tradisi penyembelihan kala terdapat perkawinan. kedua mempelai diperintahkan buat menginjakkan kedua kaki mereka di darah sembelihan tersebut saat sebelum merambah rumahnya.
c. sembelihan buat rumah baru
di sebagian wilayah, kala telah tuntas membangun rumah, mereka menyembelih seekor hewan. sebagian mereka terlebih lagi menanam kepala hewan tersebut di rumah barunya. ini pula tercantum sembelihan yang syirik.
d. penuhi kemauan jin yang masuk pada badan seseorang
kala terdapat orang kerasukan jin setelah itu diruqyah, jin sering - kali memohon disembelihkan hewan buat pribadinya. bila terjalin perihal demikian, permintaan jin itu tidak boleh ditunaikan, karna perihal tersebut merupakan sembelihan buat jin. (amati al - qaulul mufid, asy - syaikh muhammad al - wushabi)
7. kesyirikan di kuburan
di antara perbuatan syirik yang dikira biasa merupakan perbuatan - perbuatan di pekuburan bagaikan berikut:
berdoa kepada penunggu kubur
nadzar buat penunggu kubur
isti’anah, memohon tolong kepada penunggu kubur
isti’adzah, memohon proteksi kepada penunggu kubur
istighatsah, memohon dihilangkan musibah kepada penunggu kubur
ketahuilah, seluruh perihal di atas merupakan kemungkaran yang wajib diingkari. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan:
“barangsiapa memandang kemungkaran sebaiknya ia ganti dengan tangannya. bila tidak sanggup, dengan lisannya. bila tidak sanggup pula hingga dengan hatinya, dan juga itu merupakan selemah - lemah iman. ” (hr. muslim) (amati ma’ariful qabul, ighatsatul lahafan, tahdzirul muslimin)
8. mencari berkah dari benda - benda tertentu
sebagian orang mencari berkah kepada tumbuhan, kuburan, ataupun benda - benda yang mereka miliki, serupa keris dan juga cincin.
faedah
tidak boleh bertabarruk (mencari berkah) dari diri sereorang, dengan badan ataupun penggalan badan seorang tertentu, tidak hanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
seseorang muslim tidak boleh mencari berkah dengan diri seorang yang dikira shalih, baik ludah, rambut ataupun penggalan badan yang lain. perihal ini bersumber pada sebagian sebab.
perihal tersebut kekhususan untuk rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.
tidak terdapat seseorang juga sehabis rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meninggal yang memohon berkah dengan penggalan badan abu bakr, umar, utsman, ali bin abi thalib, dan juga teman yang lain. seandainya perihal tersebut dibolehkan, tentu hendak dicoba oleh orang - orang di era mereka.
hendak menimbulkan fitnah dan juga ujub (bangga diri) dari orang yang dimintai berkah. (amati taisir al - ’azizil hamid, hlm. 144 - 145)
9. sihir
sihir merupakan satu amalan kufur yang wajib dijauhi oleh seseorang muslim. seorang yang belajar dan juga mengarahkan sihir telah terjatuh dalam kekufuran.
allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“dan mereka menjajaki apa yang dibaca oleh setan - setan pada masa kerajaan sulaiman (dan juga mereka berkata kalau sulaiman itu mengerjakan sihir) , sementara itu sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir). cuma setan - setan seperti itu yang kafir (mengerjakan sihir). mereka mengarahkan sihir kepada manuria. ” (al - baqarah: 102) (amati ma’arijul qabul hlm. 407 - 411)
10. sedekah bumi
sedekah bumi ialah membagikan sesuguh/sesaji kala bakal panen padi dan juga yang lain. bagi mereka, sesaji itu dipersembahkan buat dewi sri. ini juga tercantum wujud kesyirikan.
11. sesajen
ialah membagikan sesuguh buat karuhun kala bakal melakukan kegiatan tertentu.
12. membagikan penghormatan dengan membungkuk
ibnu taimiyah rahimahullah mengatakan, “membungkuk kala membagikan penghormatan merupakan perbuatan yang dilarang. perihal ini sebagaimana dalam riwayat at - tirmidzi dari nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kalau mereka bertanya tentang seorang yang berjumpa dengan temannya kemudian membungkuk kepadanya. dia shallallahu ‘alaihi wasallam mengatakan, “tidak boleh. ”
pula karna ruku dan juga sujud tidak boleh dicoba tidak hanya buat allah subhanahu wa ta’ala, meski perihal ini jadi wujud penghormatan pada syariat saat sebelum kita, sebagaimana dalam cerita yusuf ‘alaihis salam:
“dan dia menaikkan kedua bunda ayahnya ke atas singgasana. mereka (seluruhnya) merebahkan diri seraya sujud kepada yusuf. yusuf juga mengatakan, “wahai ayahku, inilah ta’bir mimpiku yang dulu itu. ” (yusuf: 100)
ada juga dalam syariat kita, bersujud tidak diperbolehkan tidak hanya buat allah subhanahu wa ta’ala. (amati majmu’ al - fatawa, 1/259)
ketahuilah, mudah - mudahan allah subhanahu wa ta’ala merahmati kamu, apa yang kami sampaikan cumalah sebagian amalan syirik yang terdapat di tengah - tengah warga kita. seluruhnya wajib kita hindari. kita pula wajib memperingatkan umat islam buat menghindari amalan - amalan syirik.
ketahuilah, mudah - mudahan allah subhanahu wa ta’ala merahmati kamu, seluruh adat - istiadat dan juga kerutinan warga wajib tunduk kepada syariat allah subhanahu wa ta’ala.
allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“maka demi rabbmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman sampai mereka menjadikan kalian hakim terhadap masalah yang mereka perselisihkan, setelah itu mereka tidak terasa dalam hati mereka suatu keberatan terhadap keputusan yang kalian bagikan, dan juga mereka menerima dengan seluruhnya. ” (an - nisa: 65)
janganlah kita serupa orang - orang jahiliyah yang tidak ingin beriman kepada rasul shallallahu ‘alaihi wasallam dengan sebab menjajaki nenek moyang. allah subhanahu wa ta’ala berfirman tentang kondisi kalangan musyrikin:
apabila dikatakan kepada mereka, “ikutilah apa yang telah diturunkan oleh allah, ” mereka menanggapi, “ (tidak) , kami cuma menjajaki apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami. ” (apakah mereka hendak menjajaki pula) , meski nenek moyang mereka itu tidak mengenali suatu juga dan juga tidak menemukan petunjuk? (al - baqarah: 170)
seseorang muslim wajib mendahulukan syariat allah subhanahu wa ta’ala di atas seluruh perihal. ia wajib mengutamakan syariat daripada hawa nafsu, adat - istiadat, dan juga komentar akalnya. allah subhanahu wa ta’ala telah mencela orang yang lebih mendahulukan hawa nafsunya. allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
“maka sempatkah kalian memandang orang yang menjadikan hawa nafsunya bagaikan tuhannya dan juga allah membiarkannya bersumber pada ilmu - nya dan juga allah telah mengunci mati rungu dan juga hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? siapakah yang hendak memberinya petunjuk seusai allah (membiarkannya sesat) ? hingga kenapa kalian tidak mengambil pelajaran? ” (al - jatsiyah: 23)
mudah - mudahan tulisan yang ringkas ini dapat jadi nasihat dan juga jadi salah satu karena musnahnya praktik - praktik kesyirikan yang telah menyebar di negara kita ini.
( sumber: islampos. com | islampos. com )
Komentar
Posting Komentar